Raih Kesempatan 30 Beasiswa Pemapan Bhumiksara

YAYASAN BHUMIKSARA  tahun ini kembali membuka Program Beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) untuk jenjang S-1.

Serupa dengan program di tahun 2021, beasiswa ditujukan untuk mahasiswa angkatan 2022 yang sedang kuliah di 15 PTN peringkat atas di Indonesia.

Pemapan

Program Beasiswa Pemapan bertujuan mempersiapkan para pemimpin muda terutama dari latar belakang sosial-ekonomi yang kurang beruntung, untuk menghayati nilai-nilai integritas, unggul, melayani, berbela rasa, dan inklusif sehingga bisa ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Program tahun ini membuka kesempatan tidak hanya kepada mahasiswa Katolik tetapi juga mahasiswa penganut agama/kepercayaan lain.

Penerima beasiswa akan menerima dana bantuan pendidikan sebesar 6 – 7.2 juta rupiah per semester, tergantung dari lokasi perguruan tingginya.

Daftar 15 PTN adalah:

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Universitas Hasanuddin
  9. Universitas Indonesia
  10. Universitas Negeri Yogyakarta
  11. Universitas Padjadjaran
  12. Universitas Pendidikan Bandung
  13. Universitas Sebelas Maret
  14. Universitas Sumatera Utara
  15. Universitas Udayana

Hal yang membedakan beasiswa Pemapan dengan beasiswa pada umumnya adalah adanya program pendampingan bagi para Pemapan. Bentuk pendampingan berupa mentoring (dari Profesional, Pengurus, dan alumni Pemapan sebelumnya), pendampingan psikologis, kegiatan-kegiatan workshop, seminar, dan aktivitas komunitas Bhumiksara lainnya. Para Pemapan juga akan membuat karya-karya sosial budaya selama kuliah baik di kampus atau pun di luar kampus.

Syarat untuk mendapat dana pendidikan tiap semester tidaklah rumit, nilai indeks prestasi akademik tiap semester minimal 3.00 dan terlibat aktif dalam minimal dua kegiatan sosial yang dilaksanakan di dalam atau di luar kampus, serta aktif dalam kegiatan-kegiatan Bhumiksara.

Dua tahap seleksi

Proses seleksi bagi para kandidat pelamar program beasiswa Pemapan akan berlangsung dalam 2 tahapan.

  • Pertama adalah seleksi administrasi dengan meneliti semua dokumen pemberkasan formulir yang telah dikirim oleh pelamar.
  • Kedua adalah wawancara dan tes.

Komponen administrasi yang menjadi perhatian penilaian meliputi kemampuan akademik, kondisi ekonomi keluarga, asal daerah, prestasi yang dimiliki, kegiatan sosial yang diikuti, dan penilaian terhadap esai yang dibuat. Prioritas diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari luar Jawa dan atau dari keluarga dengan ekonomi terbatas.

Para pelamar  yang dinyatakan lolos seleksi tahap I akan diinfomasikan jadwal tes dan wawancara online.

Formulir pendaftaran bisa diperoleh dengan mengisi link https://bit.ly/PendaftaranPemapan2024. Panitia Pemapan akan mengemailkan file pendaftaran kepada para pelamar.

Agenda waktu

  • Masa Pendaftaran                       1 Februari – 3 Maret 2024
  • Pengumuman Seleksi Tahap I     13 Maret 2024
  • Tes dan Wawancara                    18 Maret – 24 Maret 2024
  • Pengumuman Final                     19 April 2024

Leave A Comment

Follow by Email
Instagram
error: Content is protected !!