Komodifikasi Identitas Kalangan Muda di Pilpres 2024

PADA tahun 2024, Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih pemimpin rakyat secara demokratis.  Pemilu digelar pada 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI, Dewan Perwakilan Daerah RI, serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Sementara, pilkada untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota digelar pada 27 November 2024.

Menurut data BAPPENAS, jumlah data pemilih berkelanjutan (DPB) semester I tahun 2022 tercatat sekitar 190 juta jiwa. Centre for Strategic and International Studies (CSIS) memperkirakan bahwa Pemilu 2024 akan didominasi oleh generasi Z dan milenial yang berada di rentang usia 17-39 tahun, dengan total jumlah kedua generasi tersebut mendekati 60% dari total pemilih.

Data tersebut menunjukkan pentingnya peran generasi muda dalam menentukan arah politik 2024. Generasi ini akan menjadi target dari tim-tim sukses peserta pemilu. Maka perlu ditanamkan pemahaman kepada masyarakat terutama generasi muda agar mereka tidak hanya dimanfaatkan suaranya untuk kepentingan tertentu tetapi mereka perlu sadar bahwa mereka bisa berperan besar untuk perubahan Indonesia yang lebih baik ke depan.

Gelaran pesta demokrasi di 2024 tentu akan sangat menentukan masa depan Indonesia. Maka edukasi politik dan pemahaman yang memadai untuk bisa memilih pemimpin yang berintegritas perlu diupayakan berbagai pihak.

Pada pemilu sebelumnya terjadi fenomena Politik Identitas yang hampir memecah belah masyarakat Indonesia. Untuk mencegah hal itu terjadi pada Pemilu 2024 terutama Pilpres, para pemilih khususnya orang muda perlu mendapatkan literasi politik yang memadai supaya mereka tercerahkan untuk menggunakan hak pilih dengan kritis, bijak, dan sesuai hati nurani.

Untuk itu Yayasan Bhumiksara mengajak para jejaring Bhumiksara untuk bersinergi membuat gerakan edukasi melalui webinar ini.

Waktu Kegiatan:

Hari/Tanggal       : Sabtu, 11 November 2023, Pkl 10.00-12.00 WIB

Link Zoom:
https://atmajaya-ac-id.zoom.us/j/91850305578?pwd=aHlaTVd3WmRjdWVraUlheWZhYWVtQT09

Meeting ID: 918 5030 5578
Passcode: bhumiksara

Narasumber :

  • Ari Nurcahyo, Direktur Eksekutif PARA Syndicate
  • Edy Suhardono & Audifax, psikolog dan peneliti bidang psikologi. Keduanya menulis buku Membaca Identitas (Gramedia, 2023)

Leave A Comment

Follow by Email
Instagram
error: Content is protected !!