Bisnis ‘Bersih’ Bisa Sukses?

MENURUT data statistik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipublikan di website resmi https://www.kpk.go.id, KPK telah menangani 1.519 kasus tindak pidana korupsi sejak 2004 hingga 2022.

Jenis perkara tindak pidana korupsi yang paling banyak ditangani KPK adalah penyuapan dengan 904 kasus diikuti pengadaan barang atau jasa yang mencapai 277 kasus. 

Sedangkan urutan lima besar tindak pidana secara profesi/jabatan sebagai berikut:

1.Swasta – 373                                              

2. Anggota DPR/DPRD – 343              

3. Eselon I, II, III, IV – 310

4. Walikota/Bupati dan Wakil – 155

5. Kepala Lembaga/Kementerian – 35

Data tersebut memperlihatkan rentannya dunia bisnis terhadap korupsi. Selain itu data tersebut mengingatkan penguatan integritas diri tidak hanya diperlukan di dunia pemerintahan tetapi juga di swasta.

Sebagian pandangan umum menyatakan bisnis itu identik dengan kecurangan; seakan bisnis yang dijalankan dengan integritas tidak bisa sukses. Untuk membuktikan ketidakbenaran adagium tersebut, Bhumiksara menyelenggarakan webinar series ke-11 ini dengan mengangkat tema bisnis yang berintegritas.

Diharapkan peserta terutama kaum muda disemangati dengan contoh bisnis sukses tanpa mencederai integritas diri.

Narasumber-1: Mardi Wu, CEO Nutrifood

Bapak Mardi Wu akan memaparkan teori etika bisnis yang berhasil diaplikasikan dalam bisnis Nutrifood selama 14 tahun kiprahnya sebagai CEO Nutrifood, sejak tahun 2009 sampai sekarang ini. Bapak Mardi Wu juga dikenal sebagai praktisi servant leadership yang berhasil memimpin Nutrifood menjadi salah satu perusahaan yang disegani dengan kemampuan manajemennya.

Narasumber-2: Wiwiek D. Santoso, Komisaris PT Marga Mandalasakti

Ibu Wiwiek D. Santoso merupakan professional yang berpengalaman sukses memimpin beberapa anak perusahaan Astra Internasional, terakhir sebagai CEO PT Marga Mandalasakti yang bergerak di jalan tol. Setelah pensiun tahun lalu, Ibu Wiwiek diminta membantu sebagai komisaris di beberapa perusahaan Astra selain tetap aktif sebagai fasilitator lokakarya kepemimpinan berintegritas Bhumiksara.

Narasumber-3: Margareta Astaman, Founder dan CEO Javafresh

Ibu Margareta Astaman merupakan salah satu pendiri PT Nusantara Segar Global. Ibu Margareta juga sekaligus memimpin perusahaan pengekspor buah lokal Indonesia ke luar negeri tersebut sejak berdirinya pada tahun 2014 sampai sekarang. Ibu Margareta akan memaparkan perjuangan Javafresh menembus pasar buah di Eropa dan kawasan lain yang terkenal sangat tinggi standar produk buahnya sembari memberdayakan para petani lokal untuk meningkatkan kemampuan memenuhi standar internasional tersebut.

Webinar akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal       : Sabtu, 24 Juni 2023

Waktu                   : Pkl. 10.00-12.30 WIB

Link Zoom : https://atmajaya-ac-id.zoom.us/j/98332566406?pwd=UWRBaGNXQzR1VzZXbnpyZ0ZBSk9WUT09

Leave A Comment

Follow by Email
Instagram
error: Content is protected !!